Pelayanan Publik

Prosedur Permohonan
  1. Setiap Pemohon Informasi Publik dapat mengajukan permintaan untuk memperoleh Informasi Publik kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Institut Teknologi Bandung (PPID ITB) secara tertulis atau tidak tertulis.
  2. PPID ITB akan mencatat identitas Pemohon Informasi Publik. Identitas meliputi nama, alamat, subjek dan format informasi, serta cara penyampaian informasi yang diminta
  3. PPID ITB akan mencatat identitas Pemohon Informasi Publik yang diajukan secara tidak tertulis.
  4. PPID ITB akan memberikan tanda bukti penerimaan permintaan Informasi Publik berupa nomor pendaftaran pada saat permintaan diterima.
  5. Permintaan informasi publik dapat disampaikan secara langsung atau melalui surat elektronik.
  6. Paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permintaan, PPID ITB akan menyampaikan pemberitahuan tertulis yang berisikan:
    • Informasi yang diminta berada di bawah penguasaan PPID ITB ataupun tidak. Apabila informasi yang diminta tidak berada di bawah penguasaan PPID ITB dan PPID ITB mengetahui keberadaan informasi tersebut, PPID ITB akan memberitahukan Badan Publik yang menguasai informasi yang diminta.
    • Penerimaan atau penolakan permintaan. Permintaan informasi akan ditolak jika informasi yang diminta merupakan informasi yang dikecualikan (dirahasiakan).
    • Informasi yang diminta diberikan secara keseluruhan atau sebagian tergantung pada status informasi (dikecualikan/dirahasiakan atau dapat diakses oleh publik)
    • Alat penyampai dan format informasi yang akan diberikan.
    • Biaya serta cara pembayaran untuk memperoleh informasi yang diminta.
  7. PPID ITB dapat memperpanjang waktu untuk mengirimkan pemberitahuan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan alasan secara tertulis.
  8. Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara permintaan informasi kepada PPID ITB diatur oleh Komisi Informasi.
Skema Tata Cara

Pengaduan Publik
Laporan Permohonan Informasi Publik
Pelayanan ITB untuk Masyarakat Umum

ITB membuka layanan untuk masyarakat umum dalam beberapa pelayanan :

 

1. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)

LPPM adalah lembaga ITB yang menyediakan produk dan layanan berupa:

  • Penelitian: pengembangan keilmuan dan penerapan langsung kepada masyarakat. Pendidikan dan pelatihan diadakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam rangka menumuhkan motivasi mandiri serta memacu pembangunan masyarakat.
  • Jasa konsultasi: meliputi studi, survei dan investigasi, perencanaan dan perancangan/desain, pelaksanaan fisik dan jasa, manajemen dan supervise proyek.
  • Kemitraan: upaya untuk mengembangkan jejaring serta menjadi jembatan antara kepakaran ITB dengan kebutuhan dari luar (institusi pendidikan, pemerintahan, industri, baik di dalam maupun di luar negeri).

Untuk informasi selengkapnya, silakan membuka situs LPPM ITB atau menghubungi 022-86010050.

 

2. Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK)

LPIK memiliki 4 jenis layanan, yaitu:

  • Divisi Pengembangan Kewirausahaan

Terdapat tiga program utama, yaitu ITB Entrepreneur Engagement E-Sell Development, training, coaching, mentoring kewirausahaan, dan technopreneurial club.

  • Co-working Space

Co-working Space untuk startups ini mengakomodasi tenant yang kreatif untuk berkolaborasi dan membangun nilai co-create serta saling memberikan dukungan pada pengguna lain yang juga menggunakan dan berbagi ruang terbuka tersebut.

  • Inkubator Bisnis

Program yang dijalankan adalah pendampingan untuk para tenant co-working space.

  • Manajemen Kekayaan Intelektual

Upaya yang dilakukan berupa pengembangan, perlindungan, implementasi, dan pengawasan implementasi Hak Kekayaan Intelektual.

Untuk informasi selengkapnya, silakan membuka situs LPIK ITB atau menghubungi 022-2501006.

 

3. Bumi Medika Ganesa (BMG)

Bumi Medika Ganesa adalah pusat pelayanan kesehatan untuk civitas academica ITB dan masyarakat umum oleh UPT Layanan Kesehatan.

  • Program kegiatan rutin, yaitu layanan dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis (penyakit dalam, mata, radiologi, orthodonti, dan kandungan), penyediaan obat resep dokter dan obet bebas, pengobaran komplementer akupunktur dan fisioterapi, laboratorium bekerja sama dengan Laboratorium Klinis Prodia, pembuatan Surat Keterangan Sehat, dan pemeriksaan medis.
  • Program strategis UPT Layanan Kesehatan, yaitu guna mendukung peran ITB dalam pendidikan, penelitian, dan pengadian masyarakat.

Untuk informasi selengkapnya, silakan membuka situs UPT Layanan Kesehatan ITB atau menghubungi 022-2508516/2500082.

 

4. Perpustakaan ITB

Perpustakaan Pusat ITB melayani civitas academica ITB dan masyarakat umum setiap hari Senin-Sabtu (kecuali Hari Libur Nasional). Selain menyediakan ratusan ribu buku, Perpustakaan Pusat ITB juga memiliki fasilitas Toko Buku, Ruang Serbaguna, Ruang Audio Visual, American Corner, SNI Corner, Mushola dan layanan lain seperti training, konsultasi pengelolaan perpustakaan, event organizer, dan library tour. Untuk informasi selengkapnya, silakan membuka situs Perpustakaan Pusat ITB atau menghubungi 022-2500089.

 

5. Sarana Olahraga Ganesha (Saraga)

Saraga dikelola oleh UPT Olahraga ITB memiliki beragam fasilitas olahraga yang berguna untuk membentuk sumber daya manusia yang sehat jasmani, tidak hanya untuk civitas academica ITB namun juga masyarakat umum. Fasilitas tersebut adalah track lari atletik, lapangan sepak bola, lapangan futsal, kolam renang, lapangan basket, lapangan voli, lapangan tenis, dan fitness center. Untuk informasi selengkapnya, silakan membuka situs UPT Olahraga ITB atau menghubungi 022-2511540.

 

6. UPT Pusat Bahasa

Dalam menjalani fungsinya, UPT Pusat Bahasa ITB mengadakan pelayanan yang terbuka untuk masyarakat umum berupa:

  1. Kursus: terdiri atas kelas Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, Bahasa Korea, Bahasa Jepang, Bahasa Perancis, Bahasa Spanyol, Bahasa Mandarin, Bahasa Arab, Bahasa Belanda, dan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing.
  2. Tes ELPT, TOEFL-ITP, dan IELTS.
  3. Layanan penerjemahan dokumen dan tulisan ilmiah serta asistensi kebahasaan.

Untuk informasi selengkapnya, silakan membuka situs UPT Pusat Bahasa ITB atau menghubungi 022-2505674.