PPID ITB Memberikan Pembekalan Pertama Peserta Magang Periode 2

Penjelasan umum mengenai keterbukaan informasi publik

BANDUNG, itb.ac.id — infopublik.itb.ac.id, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) ITB menyelenggarakan Pembekalan Pertama Peserta Magang Periode 2 PPID ITB. Pembekalan ini dilaksanakan pada Sabtu (16/02/19) di Ruang Rapim A Gedung CCAR Lantai 1 ITB. Pembekalan ini dihadiri oleh 7 orang Peserta Magang Periode 2 PPID ITB. Pembekalan di pimpin langsung oleh Dr. Miming Miharja ST,M.Sc.Eng. selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni, dan Komunikasi (WRAK) ITB dan Pejabat Utama PPID ITB.

Penjelasan mengenai alur kerja PPID ITB

Pembekalan sendiri merupakan koordinasi antara peserta magang periode 2 dan pejabat di lingkungan PPID ITB. Pembekalan ini dibuka dengan penyampaian apresiasi atas ketersediaan mahasiswa peserta magang untuk ikut serta memajukan sektoral informasi publik di PPID ITB. Tahun lalu PPID ITB menerima penghargaan Keterbukaan Informasi Publik. Hal ini menjadikan status PPID ITB mengalami peningkatan menjadi lembaga yang “informatif” atau naik dua level dibandingkan tahun sebelumnya. “Hal ini saya sampaikan kepada kalian agar membangun konteks, menjadi motivasi, dan kalian dapat melakakukan banyak inovasi selama masa magang untuk kemajuan PPID ITB”, ungkap Bapak Miming Miharja.

Lebih jauh, dalam pembekalan ini juga dibahas mengenai hal-hal pokok pengolahan informasi publik di PPID ITB. Pengolahan informasi publik bersumber dari berbagai unit kerja di lingkungan Rektorat ITB. Informasi publik yang bisa ditampilkan di PPID ITB mempunyai “rule of the game”. Informasi yang disampaikan haruslah informasi yang tidak menyinggung ranah pribadi dan mengganggu ketertiban umum.

Foto bersama pejabat beserta peserta magang PPID ITB periode 2

Harapan di tahun 2019, PPID ITB akan semakin mengakselerasi transparansi dan akuntabilitas dari lembaga ITB. Hal tersebut diharapkan menjadikan ITB sebagai lembaga yang semakin informatif dan bertanggungjawab mengelola manajemen di dalamnya. Selain itu keterbukaan informasi semakin mendukung program good governance pemerintah Indonesia dan menaikkan rating ITB sebagai kampus excellence di mata dunia.

Laporan: Reza Prama Arviandi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *